Jumat, 08 November 2013

Teknologi Lingkungan Yang Bermanfaat

Sekarang ini, lingkungan disekitar kita memang tidak bisa dikatakan sehat dan bermanfaat. Banyaknya bencana alam seperti banjir dan lainnya menjadi bukti kerusakan lingkungan yang terjadi. Walaupun begitu, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menanganinya. Pembuatan lubang resapan biopori menjadi satu dari sekian banyak cara efektif menangani masalah banjir. Teknologi yang ramah lingkungan ini akan bisa mengatasi masalah banjir ini. Beberapa cara harus dilakukan untuk membuat lubang resapan ini menjadi efektif.

biopori
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan meningkatkan daya resapan air. Dengan dibuatnya lubang resapan ini, bidang resapan air akan semakin bertambah. Air hujan yang turun akan bisa teresap dengan lebih banyak dan cepat. Adanya fauna tanah didalamnya juga membuat solusi mencegah banjir ini menjadi semakin efektif. Anda juga bisa memasukkan sampah – sampah organik kedalamnya. Organisme yang ada dalam lubang resapan ini akan bisa memanfaatkan sampah organik ini menjadi sumber energi mereka.

Para organisme tanah itu akan melakukan dekomposisi pada sampah organik yang dimasukkan. Setelah melalui proses dekomposisi, sampah organik itu banyak dikenal sebagai kompos. Jadi, lubang resapan biopori ini tidak hanya dapat meresapkan lebih banyak air, namun juga dapat menghasilkan kompos yang banyak. Kompos ini akan bisa digunakan sebagai pupuk organik yang menyehatkan semua jenis tanaman. Semua manfaat itu akan bisa dirasakan karena lubang resapan ini.

Tidak ada komentar: